Keutamaan Mempelajari Bahasa Arab


Keutamaan Bahasa Arab

Bahasa apakah yang kita lafadzkan ketika shalat? yang diucapkann ketika berdoa, membaca al-Qur’an, dan mengucapkan salam?

Bahasa Arab tentunya kawan :) Bahasa Arab bukan basa basi, akan tetapi bahasa ini memiliki tempat yang mulia di hati, terkhusus untuk kita umat Islam

Di antara keutamaan bahasa Arab adalah:

1. Merupakan bahasa Al-Qur`an.

Allah -swt- telah menjelaskannya dalam QS. Yusuf: 2 “Sesungguhnya Kami menurunkannya berupa Al-Qur`an dengan berbahasa Arab, agar kalian memahaminya”.

Bahkan dijelaskan lebih detail dalam QS. Thaahaa: 113, “Dan demikianlah Kami menurunkan Al-Qur`an dalam bahasa Arab, dan Kami telah menerangkan dengan berulang kali, di dalamnya sebagian dari ancaman, agar mereka bertakwa atau (agar) Al-Qur`an itu menimbulkan pengajaran bagi mereka”.

2. Bahasa Arab juga merupakan wasilah atau perantara untuk memahami agama Islam.

Karena referensi asli agama Islam banyak bertebaran dalam literatur-literatur berbahasa Arab. Syaikhul Islam Ibnu Taimiyyah, seorang ulama besar yang tidak asing lagi bagi kebanyakan kaum muslimin, dalam kitabnya Iqtidha’ Ash-Shiraath Al-Mustaqiim,berpandangan bahwa

“Sesungguhnya ketika Allah menurunkan kitab-Nya dan menjadikan Rasul-Nya sebagai penyampai risalah (Al-Kitab) dan Al-Hikmah (As-sunnah), serta menjadikan generasi awal agama ini berkomunikasi dengan bahasa Arab, maka tidak ada jalan lain dalam memahami dan mengetahui ajaran Islam kecuali dengan bahasa Arab”.

Dan dengan tegas beliau menjelaskan:
تَعَلَّمُوا اْلعَرَبِيَّةَ فَإِنَّهاَ مِنْ دِيْنِكُمْ

“Pelajarilah bahasa Arab, karena ia bagian dari Agama kalian”. (Iqtidha’ Ash-Shiraath Al-Mustaqiim (I/470)

Oleh karena itu memahami bahasa Arab merupakan bagian dari agama. Keterbiasaan berkomunikasi dengan bahasa Arab mempermudah kaum muslimin memahami agama Allah dan menegakkan syi’ar-syi’ar agama ini, serta memudahkan dalam mencontoh generasi awal dari kaum Muhajirin dan Anshar dalam keseluruhan perkara mereka.

3. Dan keistimewaan lain dari bahasa Arab, ia merupakan bahasa kemuliaan dan bahasa hasanah keilmuan Islam secara umum.

4. Sedangkan keunggulan bahasa ini di luar motif agama, adalah sebagaimana dikemukakan Karel A. Steenbrink, lewat penelitiannya yang disimpulkan sebagai berikut:

a. Bahasa Arab kaya sekali dalam kosa kata dan struktur bahasanya, sehingga bahasa ini cocok/sesuai sebagai alat untuk mengekspresikan pikiran dan emosi, serta sebagai alat untuk mengajarkan bermacam-macam ilmu pengetahuan.

b. Bahasa Arab mempunyai kepustakaan besar disemua bidang ilmu pengetahuan. Orang sangat senang mengatakan bahwa ilmu pengetahuan filsafat dan matematika Yunani sampai ke Barat melalui terjemahan dan tafsiran orang-orang Arab.

c. Bahasa Arab adalah bahasa, dengan mana semua ilmu pengetahuan modern dan kesusastraan modern dapat dikemukakan, baik dalam bahasa asli maupun terjemahan.

d. Bahasa Arab adalah bahasa dari kelompok terbesar di dunia ke tiga. Untuk mempersatukan kekuatan dunia ketiga, bahasa ini patut diperhatikan di Indonesia.

e. Bahasa Indonesia mempunyai banyak perkataan berasal dari bahasa Arab. Maka untuk studi yang benar bahasa Indonesia, sangat diperlukan bahasa Arab, sebagaimana juga ia harus dimengerti.

Referensi:
- http://www.bulbul.al-irsyad.or.id
- Muqaddimah kitab al-Arabiyah Baina Yadaik

0 Response to "Keutamaan Mempelajari Bahasa Arab"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel