Perbedaan Bahasa dan Sastra (Pengertian dan Ciri)

Bahasa dan Sastra

Halo, di postingan ini HK akan membahas tentang "Perbedaan Antara Bahasa dan Sastra".

Pengertian
Kedua istilah/kata tersebut memiliki perbedaan walaupun memang ada persamaannya juga. Untuk melihat perbedaan dari bahasa dan sastra, kita dapat melihat dari definisi kedua kata tersebut. Jika didasarkan dari definisi KBBI, bahasa dan sastra memiliki arti sebagai berikut:

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), bahasa memiliki pengertian sistem lambang bunyi yang arbitrer, yang digunakan oleh anggota suatu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasikan diri.

Sedangkan, sastra adalah bahasa (kata-kata, gaya bahasa) yang dipakai dalam kitab-kitab (bukan bahasa sehari-hari), tulisan maupun huruf. Namun, kesastraan memiliki makna yang lebih luas dari kesusastraan.

Menurut pengertiannya,  bahasa adalah penggunaan kode yang merupakan gabungan fonem sehingga membentuk kata dengan aturan sintaks untuk membentuk kalimat yang memiliki arti. 

Bahasa      
1. sistem lambang bunyi yang arbritrer, yang digunakan oleh anggota suatu masyarakat untuk bekerja sama, berinteraksi, dan mengidentifikasi diri

2. percakapan (perkataan) yang baik; tingkah laku yang baik; sopan santun

3. sistem kata atau simbol yang memungkinkan untuk berkomunikasi dengan komputer, terutama untuk memasukkan instruksi-instruksi komputer melalui kata-kata yang mudah dipahami, dan kemudian diterjemahkan ke dalam kode mesin

Sedangkan, sastra merupakan kata serapan dari bahasa Sanskerta śāstra, yang berarti “teks yang mengandung instruksi” atau “pedoman”, dari kata dasar śās- yang berarti “instruksi” atau “ajaran”. Dalam bahasa Indonesia kata ini biasa digunakan untuk merujuk kepada “kesusastraan” atau sebuah jenis tulisan yang memiliki arti atau keindahan tertentu.

Sastra
1. bahasa (kata-kata, gaya bahasa) yang dipakai dalam kitab-kitab (bukan bahasa sehari-hari)

2. kesusastraan

3. kitab suci Hindu; kitab ilmu pengetahuan

4. pustaka; primbon (berisi ramalan, hitungan, dan sebagainya)

5. tulisan; huruf

Ciri- ciri
Bahasa
Bahasa sebagai system.
Bahasa sebagai lambang.
Bahasa adalah bunyi.
Bahasa itu bermakna.
Bahasa itu arbitrer.
Bahasa itu konvensional.
Bahasa itu bersifat produktif.
Bahasa itu unik.

Sastra
Isinya itu menggambarkan manusia dengan berbagai persoalannya
Bahasanya yang indah atau juga tertata baik

Gaya penyajiannya yang menarik yang berkesan dihati pembacanya maupu pendengarnya

Berdasarkan definisi di atas, kita dapat mengetahui poin penting dari bahasa dan sastra. Bahasa adalah sistem lambang bunyi yang digunakan manusia untuk berkomunikasi yang dapat dilakukan secara lisan maupun tulisan. Bahasa ini dapat meliputi bahasa percakapan maupun bahasa yang dituliskan. Sementara itu, sastra adalah sistem lambang bunyi (bahasa) yang dituliskan ke dalam sebuah buku (media cetak lainnya) yang tidak sama dengan bahasa yang digunakan setiap hari atau bahasa percakapan atau bahasa adalah alat yang digunakan untuk berinteraksi dengan aturan tertentu yang membentuk kata hingga suatu kalimat.

Sedangkan Sastra biasanya terwujud dalam buku yang berisi cerita, puisi, pantun, atau karya-karya lain yang gaya bahasanya berbeda dengan gaya bahasa yang digunakan setiap hari. Pada dasarnya, kedua istilah tersebut membahas tentang lambang bunyi (bahasa), tetapi media atau cara penyampaiannya saja yang berbeda atau sastra adalah bagian dari kebahasaan yang lebih berisi unsur estetika atau keindahan dan nilai seni.

Sekian

0 Response to "Perbedaan Bahasa dan Sastra (Pengertian dan Ciri)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel