Cara Memperbaiki Diri dari Kesalahan

Happiness

Postingan ini membahas tentang 'Memperbaiki Diri dari Kesalahan'. Semua orang pernah berbuat kesalahan, sebab tidak ada yang sempurna di dunia ini. Namun bagaimana kita bisa memperbaiki diri setelah melakukan kesalahan dan berkembang menjadi pribadi yang lebih baik kedepannya. Menurut saya sebenarnya: "Semua pengalaman hidup kita mulai dari keberhasilan dan kesalahan merupakan proses untuk mendewasakan diri kita." 

Sedikit curhat, saat sedang menulis postingan ini. Sebenarnya saya sedang dalam proses memperbaiki diri dari kesalahan yang saya alami. Awalnya berat namun bila kita ingin berubah, solusi masalah akan ada. Maaf sedikit curhat.

Berikut beberapa "Cara Memperbaiki Diri dari Kesalahan"
1. Introspeksi Diri
Kita harus menentukan apa yang harus kita rubah pada diri sendiri. “Dari sisi mana yang salah, dari sudut mana yang terlihat buruk”. Introspeksi-lah secara menyeluruh. Ketahuilah kelemahan diri kita sendiri. Dan ketika kita sudah tahu apa yang harus dirubah. rubahlah sedini mungkin, tutupi kelemahan sebelum makin membesar. Dan jika kelemahan tersebut tidak bisa diperbaiki, sembunyikan hal tersebut sejauh mungkin sampai semua orang tidak mengetahui tempatnya.

2. Akui Kesalahan
Kita terlebih dahulu harus menerima kenyataan yang sekarang. Memahami bahwa semua hal adalah proses kehidupan yang normal. Bahagia, sedih, susah, ataupun sakit yang kita rasakan saat ini, terimalah dengan lapang dada. Terimalah kenyataan bahwa tujuan dan keinginan dalam hidup ini dapat berubah seiring berjalannya waktu. Anggap saja ini adalah hadiah dari Tuhan supaya kita menjadi lebih baik kedepannya.

3. Buat Tujuan Hidup
kita harus menentukan tujuan kita ke depan. Ingin berbuat apa, ingin jadi apa? Tentukanlah semua keinginan tersebut. Jangan takut jika memang tujuan itu nantinya tidak bisa terwujud. Terkadang kita boleh saja bermimpi setinggi mungkin, setidaknya kita sudah memahami konsep untuk menuju kesana. Hafal jalan untuk menaiki bukit dan tak lupa bagaimana cara turunnya.

4. Jadi Pemaaf
Jadilah seorang yang pemaaf. Bukan hanya memaafkan orang lain saja yang pernah menyakitimu, namun kamu juga harus bisa memaafkan dirimu sendiri. Kadang kita bisa memberi maaf kepada orang lain meskipun orang tersebut menyakiti kita. Namun kita malah tak tahu caranya untuk memaafkan diri kita sendiri. Sering menyalahkan diri sendiri, tidak menerima kekurangan sendiri dan lain sebagainya.

5. Pertebal Iman
Mendekatkan diri kepada Tuhan merupakan cara tepat memperbaiki diri. Memohon pertolongan dan ampunan kepada-Nya, berharap diberi kekuatan untuk menjalani segala cobaan dan menambah ibadah juga doa.

Sekian semoga postingan ini bermanfaat. Informasi lainnya di hitamkusut.blogspot.com

0 Response to "Cara Memperbaiki Diri dari Kesalahan "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel