Manfaat Mempunyai Hewan Peliharaan Bagi Kehidupan

Postingan ini membahas tentang "Manfaat Mempunyai Hewan Peliharaan Bagi Kehidupan"

Sugar Glider

1. Meredakan stres
Hewan, terutama anjing, dapat menjadi obat bagi seorang individu untuk mengurangi rasa stres yang dimilikinya. Pada penelitian di Virginia Commonwealth University, Amerika Serikat tahun 2012, memiliki anjing membuat stres pada si tuan berkurang.

2. Mendorong melakukan aktivitas fisik di luar rumah
Punya anjing 'memaksa' Anda untuk lebih banyak melakukan aktivitas fisik. Pernyataan resmi dari American Heart Association pada 2013, mengatakan bahwa anjing terbukti (sekitar 54 persen) membantu pemiliknya tetap aktif untuk berolahraga, daripada mereka yang tidak memelihara anjing sama sekali.

Kegiatan di luar rumah seperti berjalan-jalan atau bermain lempar-tangkap bersama hewan peliharaan juga dapat diterapkan. Aktivitas di luar rumah dapat meningkatkan kadar vitamin D, untuk memberikan sistem kekebalan tubuh dan memerangi depresi.

3. Belajar menjadi pemimpin yang baik
Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Rumah Sakit Hewan Banfield dan Kelton Research, memiliki hewan peliharaan dapat menjadi faktor yang berkontribusi terhadap kesuksesan profesional kita. Hasilnya, sebesar 86 persen pemilik hewan peliharaan memiliki manajemen waktu dan keterampilan multitasking yang lebih baik karena hewan peliharaan mereka.

Memelihara hewan sejak dini juga memiliki manfaat serupa. Survei membuktikan 99 persen responden mengaku anak-anak mereka lebih berhasil di sekolah jika mereka merawat hewan peliharaan. Memiliki teman yang mencintai kita apa adanya memang menjadi hadiah terbaik dalam hidup. Hewan peliharaan bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan teman yang mencintai kita tanpa syarat.

4. Memperbaiki gaya hidup 
Riset yang diterbitkan dalam Journal of Physical Activity and Health telah menemukan hubungan antara gaya hidup dan memelihara hewan. Riset dilakukan dengan mengamati kebiasaan gaya hidup lebih dari 40.000 orang dewasa untuk menentukan seberapa tinggi aktivitas fisik para pemelihara hewan. 

Hasil menunjukan, pemilik anjing lebih jarang menggunakan transportasi daripada pemilik kucing atau mereka yang tak memiliki hewan peliharaan. Dengan kata lain, pemilik anjing lebih sering untuk berjalan kaki. Ini berarti memelihara hewan bisa meningkatkan aktivitas fisik kita. Tentu saja, gaya hidup aktif sangat bermanfaat untuk kesehatan kita.

5. Membantu mengobati kanker 
Kekuatan binatang sebagai pendamping pasien (pet therapy) nampaknya tidak perlu diragukan lagi. Selain membantu proses pemulihan operasi, hewan peliharaan dilaporkan juga dapat meringankan proses pengobatan kanker. Merujuk penelitian terbitan British Medical Journal, anjing peliharaan ternyata memiliki kemampuan untuk mendeteksi perkembangan kanker usus tahap awal melalui sampel napas dan feses manusia. 

Tidak berhenti sampai di situ saja. Terapi dampingan hewan peliharaan juga berpotensi membantu mempercepat penyembuhan kanker. Dokter berpendapat bahwa bermain dengan binatang bantu mengurangi kelelahan dan rasa sakit yang sering dikeluhkan pasien kanker. Cara kerjanya sama seperti melepaskan stres. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, berinteraksi langsung dengan hewan peliharaan bisa membantu membuat pikiran lebih tenang.

Sekian postingan kami, semoga bermanfaat. Informasi lainnya di hitamkusut.blogspot.com

0 Response to "Manfaat Mempunyai Hewan Peliharaan Bagi Kehidupan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel