Materi Biologi - Manfaat Hutan Bagi Kehidupan di Bumi

Hutan

Postingan ini membahas tentang "Manfaat Hutan Bagi Kehidupan di Bumi", hutan sering disebut sebagai "Paru - Paru Dunia" karena peranannya sebagai penghasil oksigen dan menyerap karbondioksida yang serupa dengan fungsi paru- paru pada manusia (untuk bernafas). Zaman sekarang sedikit orang yang peduli dengan kelestarian hutan, bahkan banyak oknum yang dengan sengaja membakar hutan untuk kepentingan pribadinya. Berikut manfaat hutan,

1. Menyediakan Oksigen
Hutan merupakan penyedia kebutuhan oksigen bagi makhluk hidup di bumi, juga menyerap karbondioksida yang dikeluarkan oleh makhluk hidup. Satu pohon dewasa yang memiliki daun lebat mampu memproduksi oksigen yang dibutuhkan untuk 10 orang dalam satu musim. Tanpa oksigen yang dihasilkkan oleh pepohonan di hutan, mustahil terdapat kehidupan di bumi.

2. Menyediakan Obat - obatan
Sumber obat-obatan untuk berbagai jenis penyakit manusia banyak yang disediakan oleh alam. Misalnya hutan bakau, sebagai penyedia bakteri actinomycetes yang diperkirakan dapat menjadi obat penyakit tumor.

3. Pencegah Banjir
Hutan sebagai pencegah banjir karena akar pohon di hutan merupakan penahan air ketika hujan lebat. Terutama untuk dataran rendah seperti pinggir sungai. Akar-akar pohon di hutan membantu tanah untuk menyerap air yang berpotensi banjir bandang. Hutan juga dapat mencegah terjadinya tanah longsor.

4. Menyejukkan Suasana
Hutan kota akan membuat suhu dan suasana perkotaan menjadi lebih dingin dan sejuk. Sehingga, dapat mengurangi penggunaan listrik untuk pendingin udara seperti Kipas Angin dan AC.

5. Tempat Hidup Fauna dan Flora
Hampir separuh dari seluruh spesies yang kita kenal hidup di hutan. Termasuk 80 persen dari keanekaragaman hayati di darat. Hutan tropis kaya akan berbagai jenis sumber daya hayati untuk manusia bertahan hidup.

6. Menyimpan Air Tanah
Air yang melewati akar pohon, akan ditangkap dan disimpan sebagai persediaan air tanah yang penting untuk minum, sanitasi dan irigasi.

Berikut sedikit manfaat dari hutan. Mari Jaga Hutan Jaga Alam Jaga Alam Semesta.

Sekian postingan kami, informasi lainnya di hitamkusut.blogspot.com
Salam HK

0 Response to "Materi Biologi - Manfaat Hutan Bagi Kehidupan di Bumi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel