Materi Biologi - Tingkat- tingkat Organisasi Biologis

Postingan ini membahas tentang "Tingkat- tingkat Organisasi Biologis" diantaranya.

Ekosistem Hutan
1. Biosfer
Biosfer terdiri dari semua lingkungan di Bumi yang dihuni oleh kehidupan. Biosfer mencakup sebagian besar wilayah daratan sebagian besar badan air, dan atmosfer sampai ketinggian beberapa kilometer. Gabungan seluruh ekosistem Bumi disebut biosfer.

2. Ekosistem
Ekosistem terdiri dari semua makhluk di daerah tertentu, bersama semua komponen tak hidup di dalam lingkungan yang berinteraksi dengan makhluk hidup, misalnya tanah, air, gas- gas di atmosfer, dan cahaya. Hutan, padang rumput, gurun, dan terumbu karang di laut adalah tipe ekosistem.

3. Komunitas
Komunitas adalah sekumpulan berbagai macam populasi makhluk hidup yang hidup dalam suatu wilayah tertentu dan saling berinteraksi antara satu dengan yang lain. Komunitas dalam ekosistem hutan mencakup banyak jenis pohon dan tumbuhan lain, beraneka ragam hewan, dan beraneka ragam mikroorganisme, masing-masing bentuk kehidupan ini disebut spesies.

4. Populasi
Suatu populasi terdiri dari semua individu dari suatu spesies yang hidup dalam batas-batas daerah tertentu. Misalnya, hutan mencakup populasi pepohonan jati dan populasi rusa.

5. Organisme
Makhluk hidup individual disebut organisme. Setiap pohon jati dan tumbuhan lain di hutan merupakan suatu organisme, demikian pula dengan hewan hutan, seperti katak, rusa, dan serangga. Tanah di hutan dipenuhi mikroorganisme, misalnya bakteri.

6. Organ dan sistem organ
Daun jati adalah contoh suatu organ, yaitu bagian tubuh yang terdiri dari dua atau lebih jaringan. Organ melaksanakan fungsi tertentu dalam tubuh. Batang dan akar merupakan organ- organ utama lain dari tumbuhan. Contoh organ manusia adalah otak, jantung, dan ginjal.

Organ-organ manusia, hewan kompleks lain, dan tumbuhan terorganisasi menjadi sistem organ, yang masing-masing merupakan sekelompok organ yang bekerja sama melaksanakan suatu fungsi yang spesifik. Misalnya, sistem pencernaan manusia mencakup organ-organ seperti lidah, lambung, dan usus.

7. Jaringan
Jaringan adalah sekumpulan sel yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama. Jaringan-jaringan yang berbeda dapat bekerja sama untuk suatu fungsi fisiologi yang sama membentuk organ. Contoh jaringan pada hewan. Misalnya. jaringan otot adalah jaringan yang berfungsi untuk mengatur aktivitas otot dan organ serta menerima dan meneruskan rangsangan.

8. Sel
Sel adalah suatu kumpulan materi yang dapat hidup dan menjadi suatu unit penyusun makhluk hidup. Sel mampu melakukan segala macam aktivitas dalam kehidupan yang berguna mempertahankan kehidupan yang ada di dalam sel.

Makhluk hidup kebanyakan tersusun dari sel tunggal seperti misalnya bakteri dan amoeba. Sedangkan makhluk hidup lainnya termasuk tumbuhan, hewan, dan manusia adalah organisme multiseluler yang mempunyai banyak tipe sel

9. Organel
Organel adalah salah satu struktur khusus dalam sel yang melakukan fungsi tertentu (misalnya, mitokondria, ribosom, retikulum endoplasma). Organel dalam organisme uniseluler adalah setara organ dalam organisme multisel. Kloroplas adalah contoh organel, yaitu berbagai komponen fungsional yang menyusun sel.

10. Molekul
Molekul adalah struktur kimia yang terdiri dari dua atau lebih unit kimia kecil yang disebut atom. Klorofil adalah molekul pigmen yang menjadikan daun berwarna hijau. Klorofil, salah satu molekul terpenting di Bumi, menyerap cahaya matahari pada tahap pertama fotosintesis.

Sekian postingan ini, informasi lainnya di hitamkusut.blogspot.com

0 Response to "Materi Biologi - Tingkat- tingkat Organisasi Biologis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel