Apa itu Wifi? (Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja)

Halo, di postingan ini HK akan membahas tentang Wifi dari Pengertian sampai Cara Kerjanya, sebagai berikut,
Wifi
Pengertiannya
Secara umum, pengertian Wifi adalah teknologi untuk saling bertukar data menggunakan gelombang radio (secara nirkabel) dengan memanfaatkan berbagai peralatan elektronik. Diperlukan peralatan elektronik seperti misalnya komputer, smartphone, tablet, atau bahkan video game console untuk terhubung dalam jaringan komputer, termasuk internet, melalui Wifi.

Perangkat elektronik tersebut haruslah berada dalam sebuah titik akses (hotspot) jaringan nirkabel untuk dapat terhubung dengan Wifi. Dalam suatu jaringan Wifi, biasanya titik akses memiliki jangkauan hingga 20 meter di dalam ruangan, dan ada pula yang lebih jauh jangkauannya untuk Wifi di luar ruangan. Wifi sendiri sebetulnya merupakan singkatan dari Wireless Fidelity. Pada umumnya, untuk bisa terhubung dengan sebuah perangkat elektronik, Wifi menggunakan frekuensi gelombang radio dalam rentang 2,4GHz s/d 5GHz.

Semakin berkembangnya zaman mengubah internet dari yang sebelumnya hanya merupakan kebutuhan tersier, kini seakan-akan sudah menjadi kebutuhan primer. Karena itulah kemudian cukup banyak juga pebisnis yang memanfaatkan adanya Wifi agar pelanggannya dapat menikmati waktu lebih lama di restoran/ kafe miliknya.

Fungsinya
Fungsi utama Wifi adalah untuk menghubungkan perangkat ke dalam jaringan lokal maupun jaringan internet. Beberapa fungsi lain dari wifi adalah,

a. Penghubung Perangkat Komputer Dalam Jaringan
Wifi bisa digunakan di banyak komputer tanpa menambah jumlah kabel. Jadi, Wifi memudahkan banyak pengguna untuk sekaligus terhubung ke dalam jaringan.

b. Sharing Data Dan Internet
Fungsi jaringan Wifi yang satu ini cukup membantu komputer dalam menyelesaikan pekerjaan. Sobat dapat bertukar data dan berbagi akses internet dengan cukup mudah tanpa menggunakan kabel data.

c. Membuat Modem Dari Smartphone
Untuk dapat mengakses internet komputer pasti membutuhkan perangkat jaringan yang disebut dengan modem. Dengan teknologi Wifi yang ada di smartphone, kalian dapat menjadikannya sebagai modem dan membagikan akses internet ke perangkat laptop atau smartphone lain.

d. Akses Internet Lebih Stabil
Wifi kita dapat menikmati akses internet lebih stabil dibandingkan dengan menggunakan jaringan seluler. Asalkan masih dalam jangkauan signal Wifi.

Cara Kerjanya

Cara Kerja Wifi



Berbagai data yang kita minta atau kirimkan melalui wifi didistribusikan melalui gelombang radio di udara. Supaya data tersebut bisa terbaca maka harus ada yang namanya wireless adaptor yang menghubungkan ke wifi. Gelombang radio yang berwujud sinyal ini lalu dikirim menuju router yang fungsinya untuk memecahkan kode. Setelah terbaca maka data dikirim ke jaringan internet yang memanfaatkan koneksi ethernet. Karena jaringan wifi ini bekerja dua arah maka tiap data yang diterima dalam waktu yang sama menjadi kode pada tiap paket data lalu dikirim kembali dalam bentuk sinyal radio yang diterima adaptor komputer nirkabel.



Sekian postingan kami, semoga bermanfaat.

0 Response to "Apa itu Wifi? (Pengertian, Fungsi dan Cara Kerja)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel