Perbedaan Cemas dan Gelisah (Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengatasi)

Halo, di postingan ini HK akan membahas tentang "Perbedaan Cemas dan Gelisah".

Perbedaan Cemas dan Gelisah

Pengertian
Secara Umum
Cemas :Kecemasan adalah suatu istilah yang menggambarkan gangguan psikologis yang dapat memiliki karakteristik yaitu berupa rasa takut

Gelisah : Tidak sabar lagi dalam menanti

Secara Istilah
Kecemasan berasal dari kata cemas yaitu suatu istilah yang menggambarkan gangguan psikologis yang dapat memiliki karakteristik yaitu berupa rasa takut, keprihatinan terhadap masa depan, kekhawatiran yang berkepanjangan, dan rasa gugup. Rasa cemas memang biasa dihadapi semua orang. Namun, rasa cemas disebut gangguan psikologis ketika rasa cemas menghalangi seseorang untuk menjalani kehidupan sehari-hari dan menjalani kegiatan produktif.

Kegelisahan berasal dari kata gelisah, yang memiliki arti tidak tenteram hatinya, selalu merasa khawatir terhadap suatu hal, tidak tenang dalam bersikap, tidak sabar, cemas berlebihan. Sehingga kegelisahan merupakan hal yang menggambarkan jika seseorang tidak tentram hati maupun perbuatannya, tidak tenang dalam bertingkah laku, tidak sabar ataupun dalam kecemasan.

Arti Kata Cemas Menurut KBBI
Arti: tidak tenteram hati (karena khawatir, takut); gelisah
contoh: 'masyarakat cemas mendengar kabar wabah cacar itu cemas hatinya selama menantikan keputusan hakim itu'

Arti kata gelisah menerut KBBI
Arti: tidak tenteram, selalu merasa khawatir (tentang suasana hati); tidak tenang (tentang tidur); tidak sabar lagi dalam menanti dan sebagainya; cemas
contoh: 'semua penduduk gelisah mendengar desas-desus bahwa rumah mereka akan digusur'

Penyebab Rasa Cemas
Penyebab pasti rasa cemas tidak diketahui. Namun, sudah terbukti bahwa rasa cemas disebabkan oleh kombinasi faktor-faktor tertentu. Seperti gangguan mental lainnya, rasa cemas disebabkan oleh gagalnya saraf-saraf otak untuk mengontrol emosi dan rasa takut. Contohnya stress dapat mengubah alur komunikasi sel-sel saraf dalam sirkuit otak. Hal ini akan mengubah struktur otak tertentu yang mengkontrol emosi. Struktur otak tertentu ini pada awalnya dibentuk dari genetik dan keturunan keluarga.

Faktor lingkungan seperti trauma masa kecil (contohnya kekerasan rumah tangga, kehilangan orang tua, dll) atau masalah besar dalam hidup (contohnya krisis finansial dan gagalnya hubungan asmara) dapat memicu kecemasan. Gejala-gejala kecemasan juga dapat disebabkan oleh gangguan sistemik seperti hipertiroidisme, masalah endokrin, gula darah rendah, kekurangan kalsium, dan penyakit jantung.

Kecemasan atau mudah cemas bukan disebabkan oleh lemahnya kepribadian seseorang atau pendidikan yang buruk.

Penyebab Rasa Gelisah
Pada umumnya orang merasa gelisah disaaat-saat tertentu dimana dia merasa tidak nyaman atau dalam kondisi tidak tenang karena mereka takut kehilangan hak-haknya. Hal tersebut adalah akibat darisuatu ancaman, baik dari luar maupun dalam lingkungannya.

Rasa kegelisahan memiliki sebab - sebab diantaranya adalah karena sesuatu yang akan terjadi, seperti contoh akan ada bencana gunung meletus itu akan mendatangkan rasa gelisah karena takut hilangnya hak hidup,hak milik,hak dapat perlindungan,hak kemerdekaan untuk tetap hidup.

Cara Mengatasi Kegelisahan
Baik cemas dan gelisah, cara mengatasinya sama yaitu,
1.Bersikaplah tenang ketika kita mulai merasa gelisah atau cemas.
Ini dapat dilakukan dengan cara menarik nafas dan membuang nafas secara dalam dan berkala sampai kondisi kita merasatenang.

2.Berserah diri kepada Tuhan.

Kita harus mempercayai adanya Tuhan dan takdir. Kita harus menyerahkan segalanya kepada-Nya dan meminta doa untuk yang terbaik.

Sekian postingan kali ini, informasi lainnya di hitamkusut.blogspot.com

0 Response to "Perbedaan Cemas dan Gelisah (Pengertian, Penyebab, dan Cara Mengatasi)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel