Cara Menghadapi Pemarah

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri-sendiri dan saling membutuhkan satu sama lain. Namun kadang kesalahpahaman dan perbedaan pendapat menimbulkan berbagai permasalahan yang membuat orang lain menjadi emosi dan akhirnya marah.

Maka dipostingan ini kami membahas tentang "Cara Menghadapi Pemarah" diantaranya. 

1. Tetap tenang dan tidak ikut emosi
Hal paling mendasar dalam menghadapi seorang pemarah adalah dengan tetap tenang, menguasai dan mengendalikan emosi diri sendiri agar tidak sampai ikutan emosi. Karena jika kita ikut tersulut emosi maka akan menimbulkan perdebatan atau pertengkaran yang tidak menguntungkan pihak manapun justru akan merugikan semua pihak.

2. Meredakan amarahnya
Banyak hal yang bisa dilakukan untuk meredakan seseorang yang sedang emosi dan marah-marah. Bisa dengan kata-kata halus dan santun atau dengan sentuhan tangan ke beberapa bagian tubuh seperti menggenggam tangan, mengusap tangan, atau mengusap punggung sehingga lawan bicara kita menjadi lebih rileks dan sedikit meredakan amarahnya.

3. Mendengarkan permasalahannya dan cari solusi bersama

Orang yang sedang emosi atau marah membutuhkan waktu untuk bicara dan didengarkan hingga mereka merasa lega atau lelah mengeluarkan amarah dan akhirnya emosinya mereda dengan sendirinya. Setelah itu baru kita mulai bicara dengan baik-baik mencari solusi untuk menyelesaikan masalah yang ada. 

4. Biarkan dia sendiri

Jika keadaan tidak membaik, maka tunda dulu pembicaraan atau kegiatan yang akan dilakukan karena hal tersebut hanya akan membuat keadaan menjadi lebih kacau. Berikan waktu untuknya sendiri terlebih dahulu dan merenungkan apa yang membuatnya emosional. Jangan lupa katakan bahwa kita akan selalu ada untuk berbicara dan mendengarkan cerita tentang kesulitan yang dihadapinya. 

5. Meminta maaf jika masalah berasal dari kita

Mengakui kesalahan bukanlah hal yang mudah bahkan meminta maaf atas kesalahan yang telah kita lakukan juga sangat sulit. Namun hal tersebut adalah solusi terbaik untuk menghadapi seorang pemarah atau orang yang sedang marah dimana kemarahan yang dia rasakan berasal dari diri kita.

Semoga bermanfaat,  informasi lainnya di hitamkusut.blogspot.com.

Sekian

0 Response to "Cara Menghadapi Pemarah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel