Materi Fisika - Macam Alat Optik

Alat optik adalah peralatan yang membantu manusia dalam penglihatan. Berikut ini beberapa alat optik yang sering digunakan oleh manusia.

Lup
1. Mata
Mata merupakan indra penglihatan dan merupakan organ tubuh kita yang dapat menangkap perubahan dan perbedaan cahaya. Perbedaan spektrum cahaya yang mampu ditangkap mata kita itulah yang menyebabkan kita dapat melihat warna. Tanpa cahaya, mata kita susah untuk melihat, kecuali pada mata binatang-binatang nokturnal yang memiliki struktur yang berbeda.


Mata berfungsi dengan cara menerima, memfokuskan, dan mentransmisikan cahaya melalui lensa mata yang menghasilkan bayangan objek yang kemudian ditangkap oleh retina mata. Bayangan objek yang ditangkap retina tersebut kemudian dikirmkan ke otak melalui saraf optik untuk kemudian diolah menjadi gambar yang mampu kita lihat secara nyata.

2. Kamera
Kamera adalah alat yang berguna untuk mendokumentasikan peristiwa secara visual. Kamera tersusun dari lensa cembung dan diantara lensa- lensa tersebut terdapat diafragma. Diafragma berguna untuk mengatur banyak sedikitnya cahaya yang masuk. Bayangan yang dihasilkan oleh lensa cembung, yaitu nyata, terbalik dan diperkecil.

3. Lup
Mata manusia memiliki keterbatasan dalam mengamati benda-benda yang ukurannya kecil. Manusia dapat melihat benda-benda kecil dibantu dengan salah satu alat yang dinamakan lup. Lup adalah kaca pembesar yang terdiri dari sebuah lensa cembung yang memiliki jarak fokus pendek. Bayangan yang dihasilkan lup memiliki sifat maya, tegak, dan diperkecil. Pembesaran bayangan ketika mata berakomodasi dituliskan dalam persamaan berikut.

M= Sn + 1
       f

Sementara itu, ketika mata tidak berakomodasi akan berlaku persamaan berikut.

M= Sn 
        f

Keterangan :
Sn = jarak titik dekat mata dengan pengamat (cm)
f = titik fokus (cm)

4. Mikroskop
Mikroskop menggunakan dua lensa cembung. Lensa dekat dengan benda dinamakan lensa objektif, sedangkan lensa dekat mata dinamakan lensa okuler. Benda yang diamati oleh mikroskop terletak antara jarak f dan 2f di muka lensa objektif sehingga bayangan yang dihasilkan lensa objektif bersifat nyata, terbalik dan diperbesar. Bayangan ini dianggap benda oleh lensa okuler sehingga dapat dikatakan bahwa lensa okuler berlaku sebagai lup.

5. Teropong 
Nama lain teropong adalah teleskop. Teropong digunakan untuk melihat benda yang sangat jauh sehingga terlihat lebih jelas dan lebih dekat. Pada dasarnya teropong dibagi menjadi dua macam, yaitu teropong bias dan teropong pantul.

a. Teropong Bias
Teropong bias terdiri dari teropong bintang, teropong bumi, teropong prosma, dan teropong panggung.

1)Teropong Bintang 
Teropong bintang digunakan untuk mengamati benda-benda diangkasa. Pengamatan dilakukan dengan dua macam, yaitu ketika berakomodasi dan ketika tidak berakomodasi.

2)Teropong Bumi
Teropong bumi digunakan untuk mengamati benda-benda yang berada di permukaan bumi. Dalam teropong bumi terdapat lensa pembalik yang berguna untuk membalikkan bayangan. Pengamatan menggunakan teropong bumi dibagi menjadi pengamatan dengan mata berakomodasi dan pengamatan tanpa berakomodasi.

b. Teropong Pantul 
Disebut teropong pantul karena objektif yang digunakan adalah cermin cekung besar yang digunakan untuk memantulkan cahaya. 

Sekian postingan kami, informasi lainnya di hitamkusut.blogspot.com . Terima kasih

0 Response to "Materi Fisika - Macam Alat Optik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel